Assalamualaikum

Welcome to my blog!
Blog ini berisi tentang keinginan saya untuk berbagi sesuatu yang baru, alias sharing..
Saya berharap kalian bisa bergabung disini! Bahkan Master Blog sekalipun juga boleh.
Semoga bermanfaat.
Mohon saran & kritik yang keren untuk perbaikan blog ini. Terima kasih

Minggu, 05 September 2010

Pesona Gua Tetes! Lumajang



Gua tetes ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, 55 kilometer selatan Kota Lumajang. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun mobil. Aksesibilitas untuk menuju lokasi ini cukup menantang, medannya tergolong susah. Dan kabarnya, banyak preman yang siap mengganggu kenyamanan pengunjung. Tapi kalau ramai-ramai seh gak masalah...

Waw,,ketika sudah mencapai lokasi, kamu-kamu pasti akan terbuai dengan pesona tetesan airnya yang bak tumpahan air susu..

Gua Tetes?? Air yang senantiasa menetes dari bagian atas gua ini yang membuat tempat ini diberi nama Gua Tetes. Meski dialiri air terus-menerus, dinding tebing gua itu sama sekali tidak licin. Tak mengherankan jika beberapa pengunjung terpancing untuk menaiki tebing guna mencapai gua. Gua yang memiliki banyak stalagtit dan stalagmit dengan warna yang beraneka ragam ini diyakini masyarakat sekitar dapat membuat awet muda apabila terkena percikan air gua itu. Gua Tetes ini juga memiliki mitos. Masyarakat sekitar gua percaya

bahwa air yang ada di gua bisa membuat awet muda. Selain itu, gua ini dipercaya bisa mempertemukan jodoh bagi yang belum menikah. Bahkan sebagian pengunjung percaya gua ini dapat mempersatukan kembali keretakan rumah tangga pasangan suami istri.

Tips berkunjung ke Gua Tetes
1. Bawalah pakaian ganti, karena pasti basah deh.
2. Pakailah sandal atau sepatu tanpa hak dengan sol karet supaya tidak licin.
3. Bawalah kantong plastik atau kantong kedap air untuk menyimpan kamera atau dompet
4. Berhati-hatilah dalam menyusuri tangga terutama di tangga terakhir karena licin (berpeganganlah pada pagar)
5. Yang suka berpetualang dapat menaiki batu air terjun menuju ke Gua Tetes , pilihlah batu yang beraliran deras (pasti tidak licin/ berlumut)
6. Gua Tetes ada 3 lokasi
- di sisi kanan dialiri air sepinggang lubang masuk kecil tapi di dalam cukup luas cukup untuk 10 orang bisa pijat reflksi dari guyuran air terjun
- di sisi kiri gua cukup lebar dialiri air semata kaki dengan stalaktit dan stalakmit yang indah
- yang ketiga berada di atas gua sisi kiri kalo berani coba harus menyelam dulu sejauh 10 meter baru bertemu ruang gua yang luas ( katanya sih, hehe)
7. Jangan buang sampah sembarangan agar kebersihan air terjun dan gua tetap terjaga.

(nodecta, dari berbagai sumber/foto oleh F.N.H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar